Serupa tetapi tidak sama, inilah perbedaan antara Ayam Penyet dengan Ayam Geprek

Serupa tetapi tidak sama, inilah perbedaan antara Ayam Penyet dengan Ayam Geprek

Ayam Geprek

kamu sudah pasti tidak asing lagi dengan hidangan Indonesia yang namanya Ayam Penyet dan Ayam Geprek. Namun apakah kamu tahu perbedaan diantara kedua makanan tersebut ? meski sekilas terlihat sama karena sama-sama berupa hidangan dengan ayam yang digoreng. Namun, ternyata keduannya adalah jenis hidangan yang berbeda. Nah, biar nggk keliru menyebutkannya maka duniakuliner telah mencari tau apa perbedaannya. Silakan simak artikel ini ya.

Ayam Geprek
Tahukah kamu, siapakah pencetus pertama hidangan ayam geprek? Namanya ialah Ibu Ruminah, pemilik Warung Ayam Geprek Bu Rum di Yogyakarta yang mengeklaim menjadi pembuat ayam geprek pertama kali. Menurut Ibu Ruminah, ayam geprek mengarah pada hidangan berupa ayam goreng tepung garing yang diulek bersamaan dengan sambal. Sambal yang digunakan bisa apa saja sesuai dengan selera, mulai dari sambal bawang, sambal cabai hijau, sambal terasi, dan lain lain. Ayam geprek ini bisa dibilang hidangan cepat saji dengan cita rasa Indonesia. Soalnya, ayam goreng tepung sendiri dikenal berasal dari Amerika Serikat. Namun, pada hidangan ayam geprek, ayam goreng tepung tersebut dipadukan dengan sambal khas Nusantara. Dalam penyajiannya, ayam geprek mengandalkan tenaga penguleknya. Daging ayam goreng tepung harus diulek atau digeprek sampai lepas dari tulangnya dan bercampur rata dengan sambal.

Ayam Penyet
Jika ayam geprek menggunakan ayam goreng yang dibalut tepung, maka berbeda dengan ayam penyet. Ayam penyet adalah hidangan berbahan ayam ungkep bumbu kuning yang diberi sambal di atasnya. Untuk mendapatkan ayam ungkep yang lezat, dibutuhkan berbagai bumbu dan Rempah. Misalnya, ketumbar, kemiri, kunyit, lengkuas, daun salam, bawang merah, dan bawang putih. Setelah dibumbui, ayam harus dimasak di atas api kecil dalam waktu cukup lama agar bisa menyerap bumbu dengan sempurna dan tekstur dagingnya menjadi sangat lembut. Teknik memasak tersebut dalam Bahasa Jawa disebut ungkep. Selesai diungkep, ayam kemudian digoreng hingga matang keemasan. Setelah matang, ayam kemudian dipenyet atau ditekan dengan ulekan agar potongan daging ayam tersebut menjadi agak gepeng.

Nah, itulah perbedaan ayam geprek dan ayam penyet. kalau kamu lebih suka yang mana, nih? hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *