Seruit, Hidangan dari Olahan Ikan yang Khas dari Lampung

Seruit, Hidangan dari Olahan Ikan yang Khas dari Lampung

seruit

Selain terkenal akan wisata bahari dan penangkaran gajahnya. Provinsi Lampung juga memiliki pontensi wisata kuliner yang siap memanjakan lidah kamu. Salah satu kulier yang menjadi favorit orang banyak, adalah Seruit. Seruit merupakan makanan khas Lampung yang terdiri dari masakan ikan yang digoreng atau dibakar, lalu dicampur dengan sambal terasi, tempoyak, atau mangga. Beberapa jenis ikan yang disajikan dengan sambal ini adalah ikan tongkol, ikan layis, ikan belida ataupun ikan baung lalu. Sebagai pelengkap sajian, ada juga lalapan.

Meskipun ada beberapa tahapan, tapi cara membuat Seruit cukup mudah. Ikan yang akan dinikmati dipersiapkan dulu. Sebelum dibakar atau digoreng, ikan diberi bumbu seperti bawang putih, garam, kunyit, dan jahe yang telah dihaluskan. Kemudian ikan pun dibakar atau digoreng selama kurang lebih 10 menit. Setelah matang, ikan dilumuri lagi dengan kecap manis dan campuran bumbu tambahan dari bawang putih, garam, dan ketumbar.

Ikan yang sudah matang akan diberi sambal terasi campuran tempoyak. Untuk melengkapi sajian ini, tak ketinggalan untuk menambahkan beberapa jenis lalapan, seperti daun kemangi terong, jengkol, atau daun jambu monyet. Dan biasanya dimakan bersama nasi hangat. Keistimewaan dari Seruit terletak pada sambal terasi dan tempoyaknya. Tempoyak sendiri merupakan durian yang sudah difermentasi. Sambal terasi dan tempoyak yang dicampur akan menghasilkan rasa pedas, asam, dan sedikit manis karena diberi sedikit gula. Semua cita rasa kumpul jadi satu. Aroma ikan yang berpadu dengan pedasnya sambal yang sedikit asam siap untuk disantap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *