Resep Tahu Sumedang yang Lezat dan Gurih

Resep Tahu Sumedang yang Lezat dan Gurih

Tahu Sumedang

Masyarakt Indonesia pasti sudah kenal dengan camilan yang namanya tahu sumedang. Makanan khas Jawa Barat satu ini memang telah dikenal dan populer di semua kalangan baik dalam pulau Jawa maupun diluar pulau Jawa. Tahu sumedang memiliki warna kecokelatan dan kopong di bagian dalamnya ini enak sekali jika dinikmati selagi hangat. Rasanya yang khas ditambah sambal atau cabai rawit kecil yang melengkapinya semakin menambah kelezatan tahu sumedang ini. Tahu Sumedang akan semakin lengkap jika disajikan dengan lontong isi sayuran.

Meskipun Cemilan ini asli dari Sumedang, tapi camilan ini mudah ditemui di kota-kota besar di wilayah Indonesia. Rasanya pun enak dan beda dengan tahu biasanya, sehingga banyak para penikmat tahu yang menyukai. Untuk cara membuat tahu sumedang ini sebenarnya dapat dikatakan susah-susah gampang, karena memiliki waktu tahan lebih sedikit daripada tahu pada umumnya. Oleh karena itu, cara membuat tahu Sumedang lebih cepat menjadi basi dan akan terasa asam. Selain itu, dalam menggorengnya pun kita harus benar-benar memperhatikan minyak goreng yang digunakan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Tahu sumedang :
10 buah tahu putih
1 butir telur ayam
80 gr tepung terigu
seperempat sendok teh baking powder
3 siung bawang merah yang telah diulek halus
3 siung bawang putih yang telah diulek halus
kunyit 2 cm, ulek halus
1 sdm penyedap rasa
Garam halus 1 sdt
minyak goreng secukupnya
air putih bersih untuk rendaman secukupnya

Cara Membuat :
1. Tuang tepung terigu ke dalam wadah adonan yang sudah disiapkan lalu tambahkan dengan garam halus, penyedap rasa, dan baking powder. kemudian aduk hingga merata.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan kunyit lalu tuangkan pada wadah baru dan siram dengan secukupnya air. Aduk hingga rata.
3. Potong sesuai selera lalu letakkan pada wadah yang sudah berisi air bumbu. Siram-siram potongan tahu putih dan biarkan sejenak supaya meresap lalu tiriskan.
4. Pecahkan telur dan tampung dalam wadah baru lalu kocok.
5. Ambil potongan tahu putih tadi dan celupkan pada kocokan telur kemudian masukkan ke dalam campuran tepung bumbu yang sudah dibuat tadi hingga melapisi tahu.
6. Panaskan minyak dalam wajan lalu goreng tahu yang sudah berbalut telur dan tepung bumbu sampai matang garing dan tekturnya renyah. kemudian itu tiriskan.
7. Ttahu sumedang siap untuk dihidangkan selagi hangat dengan cocolan saus sambal, mayonaise, dan atau kecap pedas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *