Pecel Lele, Makanan Merakyat Yang Lezat dan Gurih

Pecel Lele, Makanan Merakyat Yang Lezat dan Gurih

Pecel Lele

Hidangan Pecel Lele memang menjadi menu andalan disaat lapar dan persediaan uang menipis. Lele goreng yang gurih renyah ini enak dinikmati dengan sambal terasi. Buat Kamu yang tinggal di Pulau Jawa dan Bali, tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pecel lele. Makanan ini sangat mudah dijumpai di dua pulau tersebut, juga di pulau-pulau lain di Indonesia. Jangan heran kalau makanan ini disebut makanan sejuta umat karena semua kalangan menyukainya. Pecel lele dapat ditemukan di warung-warung kaki lima hingga restoran yang menyajikan makanan khas Indonesia. Harganya pun relatif murah.

Pecel Lele merupakan Sajian dengan bahan utama ikan lele goreng yang disajikan dengan sambal terasi yang nikmat. Hampir menyerupai penyetan yang biasanya disajikan dengan nasi hangat, sayur lalapan, kemangi, dan kerupuk. Untuk nama pecel lele sendiri, sebenarnya adalah pecek lele yang dikenal dari Kota Lamongan, Jawa Timur. Karena itu banyak warung kaki lima yang menamakan warung mereka warung makan Lamongan. Lengkap dengan spanduk seragam khas warung Lamongan. Biasanya tidak hanya pecel lele, mereka juga menjual aneka penyetan. Namun ada versi lain yang mengatakan pecel lele berasal dari Jawa Tengah. Terlepas dari mana asalnya, yang jelas pecel lele menjadi satu dari sekian banyak kekayaan kuliner Indonesia yang enak.

Meskipun tergolong sebagai makanan Rakyat tetapi faktanya Ikan lele ini memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Pertama, ikan lele merupakan sumber protein lengkap. Dalam setiap ekor ikan lele mengandung protein berkualitas tinggi yakni 15,6 gram. Jumlah tersebut cukup memenuhi kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh. Selanjutnya ikan lele rendah kalori dan lemak karena dalam 100 gram porsi ikan lele hanya mengandung 122 kalori dan 6,1 gram lemak. Diluar semua manfaatnnya yang luar biasa, hal ini kembali lagi ke cara memasak yang benar untuk menjaga nutrisi didalamnya tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *