Mie Bangka, Sajian Olahan Mie yang beda dari Mie Lainya

Mie Bangka, Sajian Olahan Mie yang beda dari Mie Lainya

mie bangka

Ketika berkunjung ke Pulau Bangka, tentu saja tidak melulu menikmati wisata alamnya, terutama wisata pantai. Wisata kuliner juga patut dicoba terutama menikmati makanan lokal yang bisa membuat Anda kembali lagi. Mie Bangka salah satu makanan khas Pulau Bangka yang patut dicoba. Mie ini cukup terkenal di seluruh Indonesia terutama di kota-kota besar. Jika tak sedang melancong, mie Bangka sama seperti mie khas daerah lainnya, semisal mie Jogja dan mie Aceh yang sudah dibuka rumah makannya di banyak tempat luar daerah.

Mie Bangka sebenarnya tidak banyak berbeda dengan mie daerah khas lainnya. Beberapa yang membedakan pasti rasa dan bahan-bahan yang digunakan. Mie Bangka dikatakan sebagai mie ayamnya Pulau Bangka dengan taburan ayam atau daging lain. Meski mie Bangka sudah menjadi makanan khas, mie ini sebetulnya jenis makanan Hakka atau Khek. Makanan khas Tiongkok ini dibawa orang Han ke pulau yang dahulu kaya timah ini dan kemudian menyatu dengan selera kuliner setempat. Di Pulau Bangka, mie ini disebut dengan mien.

Orang Hakka tersebar dan berbaur dengan masyarakat Pulau Bangka. Selain di Bangka Belitung, tersebar juga di Kalimantan dan Pulau Jawa. Saat ini, mie Bangka dapat ditemukan diberbagai daerah terutama di kota-kota besar, seperti Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Sumatera, dan lain-lain. Mie Bangka banyak dijual sebagai jajanan jalanan maupun dapat ditemukan di hotel dan restauran. Mie Bangka biasa disajikan dengan taburan potongan ayam kecap yang dicincang. Ada juga taburan babi cincang yang makan mie nonhalal. Selain itu, ada juga taburan khas lain seperti seafood dan baso ikan.

Penyebaran mie Bangka ke daerah-daerah lain kemudian membuat penyesuaian dengan lidah setempat. Di daerah asalnya, ada yang spesial yaitu campuran tahu kok atau tahu asli Bangka. Sayuran menjadi pelengkap seperti biasa terdapat pada mie ayam, ada campuran seperti daun bawang dan tauge. Mie Bangka biasa dinikmati saat tengah hari. Mie ini cocok untuk dijadikan santap siang. Ditambah, penjual mie Bangka seperti penjual mie ayam lainnya juga menyajikan banyak minuman untuk pelepas dahaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *