Jajanan Terkenal kota Cirebon, Tahu Genjrot yang Renyah dan Gurih

Jajanan Terkenal kota Cirebon, Tahu Genjrot yang Renyah dan Gurih

Tahu gejrot

Tahu gejrot Merupakan makanan khas Cirebon, Jawa Barat. Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan saus special. Biasanya disajikan di layah kecil. Tahu gejrot juga termasuk jajanan khas daerah Cirebon yang digemari di kalangan anak-anak dan orang dewasa, karena sensasi rasanya yang khas. Tahu gejrot ialah tahu yang dipotong kecil-kecil kemudian ditaruh di atas piring kecil. Tahu yang digunakan adalah jenis tahu sumedang. Cara memakannya pun unik, yakni dengan satu lidi kecil kemudian tusuk bagian tahu yang telah dipotong-potong itu.

Konon katanya, Tahu Gejrot ini telah ada jauh sebelum hari kemerdekaan. Sampai saat ini makanan satu ini tetap menjadi makanan favorit dan menjadi salah satu jajanan khas kebanggaan masyarakat Cirebon. Dikota Cirebon sendiri, penjual Tahu Gejrot sangat mudah di temui. Para penjual biasanya menjual dengan cara berkeliling menggunakan pikulan, selain itu ada juga yang menggunakan gerobak dorong.

Dalam proses pembuatannya, pertama tahu di rendam di dalam air yang sudah diberi garam. Setelah meresap, tahu tersebut di goreng hingga matang. Untuk penyajiaannya, tahu gerjrot di sajikan dengan kuah saus yangterbuat dari bumbu halus seperti bawangputih, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, cabai hijau, gula merah, dangaram. Selain itu juga menggunakan air asam, air putih dan kecap manis. Dalam proses pembuatan kuahsaus ini, bumbu halus tadi di masak lalu masukan air putih, air asam dan kecapsecukupnya, lalu di masak hingga mendidih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *