Ikan Bakar Manokwari, Kuliner Khas Asli Papua

Ikan Bakar Manokwari, Kuliner Khas Asli Papua

Ikan Bakar Manokwari

Manokwari adalah nama salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Papua Barat Indonesia, serta nama kota yang menjadi ibukota Provinsi Papua Barat, dan juga menjadi ibukota Kabupaten Manokwari. Kota Manokwari terletak di pantai utara Provinsi Papua Barat, berada di teluk Doreri. Karena letaknya di pinggir pantai, maka Manokwari sangat erat hubungannya dengan budaya kelautan, sehingga tidak mengherankan salah satu Masakan Khas Manokwari terbuat dari ikan yang terkenal dengan nama Ikan Bakar Khas Manokwari.

Ciri yang paling khas dari masakan Ikan Bakar Manokwari terletak pada bumbu tabur ikan bakar tesebut yaitu berupa seperti sambal digiling kasar disajikan mentah (tidak turut dibakar). Jika secara kebetulan mengunjungi kota Manokwari jangan lupa untuk sempatkan diri berkunjung ke beberapa objek wisata di sana antara lain : Danau Anggi (terletak di Kecamatan Anggi), Pantai Amban (3,5 km dari kota Manokwari), Pantai Pasir Putih (sekitar 5-6 km dari kota Manokwari), Pegunungan Arfak (sebuah kawasan cagar alam), Tugu Mansinam di Pulau Mansinam, pasti asyik nyaman karena di tempet-tempat itu selalu terdapat masakan Ikan Bakar Manokwari.

Bagi kamu yang penasaran dengan rasa dari Ikan Bakar khas Manokwari, berikut ini ada resep membuat Ikan Bakar khas Manokwari yang bisa kamu coba untuk membuatnya.

Bahan-bahan yang diperlukan :
1 ekor ikan tongkol
air perasan jeruk nipis
garam secukupnya

Bahan-bahan Bumbu tabur :
10 butir bawang merah
10 butir cabai rawit merah
garam secukupnya
gula pasir secukupnya

Cara Membuat :
1. Ikan tongkol disiangi, dibersihkan biarkan utuh
2. Campurkan air perasan jeruk nipis dan garam pada ikan tongkol, aduk-aduk sampai rata, lalu diamkan selama 10-15 menit
3. Ikan tongkol dibakar di atas bara api arang, sambil dibolak-balik hingga matang.
4. Sajikan tongkol dengan
5. taburkan bumbu tabur (digiling kasar)
6. Masakan Ikan Bakar Manokwari siap disajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *