Gulai Ikan Patin, Kuliner Khas Jambi

Gulai Ikan Patin, Kuliner Khas Jambi

Gulai ikan patin

Gulai ikan patin memang menjadi salah satu Hidangan kuliner khas nusantara yang cukup terkenal akan rasanya yang nikmat. Gulai ikan patin memang sudah menjadi makanan yang segar dan nikmat kala dimakan siang hari untuk makan siang. Makanan yang satu ini memang sangat wajib anda coba. Makanan gulai ikan patin diolah secara higenis dan bersih dan juga cukup membuat selera makan anda semakin meningkat. Makanan yang memang khas nusantara ini ternyata juga banyak digemari oleh wisatawan asing.

Bahan utama kuliner ini adalah ikan patin, dimana ikan ini termasuk dalam kelompok genus pangasius, ikan yang memiliki kumis. Kandungan gizi yang terdapat dalam ikan ini sangat tinggi yaitu asam lemak esensial DHA dan EPA, vitamin A, omega 3, vitamin B6, vitamin D, vitamin B12, zat besi, sedangkan untuk kandungan lemaknya lebih rendah daripada ikan-ikan lainnya. Konon kandungan lemak tak jenuh sebesar 50 persen yang terdapat pada ikan patin dapat mencegah penyakit kardiovaskular serta dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Sangat baik bukan, untuk kesehatan kita ketika mengkonsumsinya, karena kandungan gizi yang terdapat pada ikan patin sangatlah banyak

Masakan yang akan menggoyang lidah kamu ini patut dicoba, rasa yang gurih pedas dan kandungan rempah-rempah yang banyak serta meresap didalam daging ikannya sangatlah lezat. Gulai ikan patin lebih enak kalau disajikan ketika masih panas dan dimakan ketika hawa sedang dingin. Gulai ikan patin memang sangatlah populer dengan masakan dan olah yang pintar dan juga dengan sedikit sentuhan dan trik khusus untuk bumbunya agar makanan seperti gulai ikan patin ini bisa menjadi lebih nikmat.

Bagi kamu yang memang menyukai makanan yang satu ini tentunya anda juga tak mau ketinggalan akan rasanya yang nikmat ini dan juga berbagai resepnya. Dan untuk kamu ynag dirumah tentunya kamu sekarang bisa ikuti semua angkah membuatnya dengan baik tentang Resep Cara Membuat Gulai Ikan Patin Yang lezat.

Bahan yang diperlukan untuk membuat Gulai Ikan Patin :
1 sendok teh gula pasir
500 ml santan encer, (dari perasan santan kental)
200 ml santan kental dari 1 butir kelapa
3 sendok makan minyak untuk menumis
2 cm serai, diambil putihnya, dimemarkan
2 lembar daun salam
2 ekor ikan patin, dipotong 3 bagian
1 1/2 sendok teh garam

Bahan untuk Bumbu Halus :
4 butir kemiri, disangrai
3 cm kunyit, dibakar
1/2 sendok teh merica
2 cm jahe
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih

Cara Membuat :
1. Pertama-tama lumuri ikan patin dengan 1/2 sdt garam dan 1/2 sdt air jeruk nipis. Dan diamkan 10 menit.
2. Selanjutnya panaskan minyak dan tumis bumbu halus, daun salamnya, dan serai sampai harum. Lalu masukkan santan encer, garamnya, dan gula pasir. Dan masak sampai mendidih.
3. setelah mendidih, tambahkan ikan patin. Dan masak sampai matang. Lalu tuang santan kental. Dan masak lagi hingga mendidih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *