Fakta menarik Sup Konro, Kuliner khas Makasar yang menggunggah selera

Fakta menarik Sup Konro, Kuliner khas Makasar yang menggunggah selera

Sup konro

Kalau sedang berkunjung ke suatu tempat, tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba menu khas daerah tersebut. Setiap daerah memiliki cita rasa yang berbeda, karena bumbu yang digunakan pastinya berbeda. Sulawesi Selatan secara budaya adalah wilayah tempat tinggal bagi banyak suku. Berdasarkan kulinernya, provinsi ini punya banyak makanan enak dari Bugis sampai Toraja. Salah satu makanan paling enak dan terkenal dari wilayah ini adalah sop konro. Sop ini sangat terkenal di Makassar bahkan sampai tingkat nasional. Sup Konro merupakan makanan tradisional yang telah ada sejak beberapa ratus tahun sebelumnya. Seiring waktu, sop konro juga berubah sampai menjadi makanan seperti yang kita kenal sekarang. Berikut ini adalah beberapa fakta yang perlu kita ketahui tentang sop konro.

1. Iga Sapi Sebagai Bahan Utamanya
Sup konro adalah sup yang bahan utamanya iga sapi. Seperti yang mungkin kamu bayangkan, makanan ini sangat gurih. Namun, makanan ini adalah sop yang pekat, tidak seperti sop ayam yang kita kenal punya kuah bening. Aroma kaldu dari iga membuat makanan semakin enak. Sekilas, makanan ini akan mengingatkanmu pada kare.

2. Dominan dengan Rasa Pedas
Alasan terbesar kenapa sop ini sangat pekat adalah penambahan santan kelapa, lombok, dan rempah. Kamu mungkin bisa merasakan rasa pedas dari rempah seperti jahe, lengkuas, kayu manis, kapulaga, dan jinten. SUp ini akan tampak gelap, bahkan hampir hitam. Kuahnya akan semakin enak setelah digunakan untuk memasak iga. Setelah makanan ini masak, bawang daun dan bawang goreng ditambahkan.

3. Hidangan Untuk Acara Khusus
Sup konro sebenarnya adalah makanan tradisional yang disajikan hanya pada acara khusus. Dimasa lalu, kamu hanya bisa menikmati sop konro bila ada acara khusus seperti pernikahan, sunatan, atau acara keagamaan. Saat itu, mereka tidak menggunakan iga sapi, melainkan iga kerbau. Hampir di seluruh wilayah Sulawesi, kerbau adalah hewan penting yang dibutuhkan untuk acara penting.

4. Dimakan bersama Nasi atau ketupat
Secara khusus sup konro butuh makanan pendamping. Orang-orang biasanya memakannya dengan olahan beras dari Sulawesi Selatan seperti ketupat dan burasa. Kedua makanan pendamping tersebut mengandung karbohidrat untuk mengimbangi sop dan iga yang banyak mengandung protein. Beberapa rumah makan juga menyediakan nasi untuk menemani sop ini.

5. Tempat menikmati Sup Konro
Makassar bisa dianggap adalah kota terbaik untuk menjajal sop konro. Ada beberapa rumah makan yang direkomendasikan untuk menikmati sop iga ini.
Sop Konro Bawakaraeng di Jl. G. Bawakaraeng No.105, Wajo Baru, Makassar.
Konro Karebosi di Jl. Gn. Lompobattang No.41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Makassar.
Warung Sop Konro Bawakaraeng di Jl. Talasalapang No.64D, Gunung Sari, Rappocini, Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *