5 Sate Indonesia Yang paling Enak

5 Sate dari berbagai daerah Indonesia yang paling enak

sate

salah satu kuliner di Indonesia yang cukup terkenal bahkan oleh dunia adalah sate. Kamu bisa dengan mudah menemukan sate di setiap daerah. Namun, kamu sadar nggak kalau penampilan sate di setiap daerah di Indonesia itu berbeda-beda? Tergantung dari mana pedagang sate tersebut berasal, bisa dari Madura, Bali, atau Manado. Sate sendiri di Indonesia, sangat beragam jenisnya. Bisa sate dengan bumbu kacang yang kental atau dengan kuah kuning yang encer. Walaupun tampilannya berbeda, rasanya pun dijamin enak. Berikut ini 5 sate khas beragam daerah di Nusantara yang enak dan wajib kamu cicipi.

1. Sate Khas Madura
Salah satu jenis sate khas Indonesia yang paling terkenal dan mudah ditemukan tentu saja sate khas madura. Biasanya, nih, yang membuat sate khas madura berbeda adalah bumbu kacang yang superenak. Campuran kacang yang ditumbuk halus bersama bawang merah, bawang putih, dan dipadukan dengan kecap manis. Variasi daging yang biasanya disajikan di sate madura antara lain daging ayam, sapi, atau kambing. Sate khas madura ini dijajakan mulai dari kaki lima sampai restoran bintang lima. Penggemarnya pun bukan hanya orang lokal saja, turis mancanegara juga banyak yang jatuh cinta kepada cita rasa sate madura yang gurih dan manis.

2. Sate Khas Padang
Sate khas padang memiliki bumbu kental berwarna kuning atau merah. Rasa dan warna sate padang, tuh, tergantung asal sate padang tersebut, Padang Pariaman atau Padang Panjang. Kalau sate dari Padang Panjang memiliki cita rasa yang lebih pedas, cocok untuk kamu penggemar makanan dengan cabai yang banyak. Menyantap sate padang paling pas ditemani lontong dan keripik singkong balado. Kalau merasa kurang lengkap, kamu juga bisa menambahkan kerupuk kulit yang disiram kuah sate.

3. Sate Lilit Bali
Bali juga punya sate khas yang enak. Kalau biasanya daging sate ditusuk batang bambu, nih, sate khas Bali justru dililitkan ke tusukan bambu sereh. Itulah mengapa makanan ini dinamakan sate lilit. Sate lilit ini bisa menggunakan berbagai jenis daging, mulai dari sapi, ayam, kambing, ikan, hingga babi. Bumbu khas sate lilit bali menggunakan campuran kelapa parut, jeruk nipis, bawang merah, merica, dan santan. Jadi, warna pun nggak akan cokelat seperti kebanyakan sate lainnya. Sate lilit bali paling pas dimakan bersama dengan sambal matah yang segar. Biar makin kenyang, kamu bisa menyantap sate lilit bali bersama nasi panas dan ayam betutu.

4. Sate Kerang Sidoarjo
Di Sidoarjo terkenal sate kerang yang memiliki cita rasa unik dan tentunya enak. Daerah Sidoarjo terkenal sebagai salah satu penghasil kerang, jadi nggak heran kalau sate kerang bisa dengan mudahnya kamu temukan di sini. Sate kerang menjadi salah satu makanan wajib yang harus kamu coba jika berkunjung ke sana. Sama seperti sate pada umumnya, sate kerang disajikan dengan kecap dan sambal. Biasanya, nih, sate kerang akan terasa lebih sempurna jika dimakan bersama dengan kupang lontong.

5. Sate Khas Ponorogo
Sate khas Ponorogo ini juga wajib kamu coba saat sedang berlibur ke Jawa Timur. Biasanya, sate dijual dengan ukuran daging yang telah dipotong kecil-kecil dan ditusuk ke bambu. Nah, sate ini memiliki ciri khas menggunakan daging panjang seperti sate lilit. Daging yang digunakan pun daging sapi, ayam, atau kambing. Bisa dipilih sesuai selera. Bumbu untuk memanggang sate ini terdiri atas kecap, bawang mereah, dan cabai. Sebagai pelengkap, kamu bisa mencocol sate ponorogo ke bumbu kacang yang bercita rasa manis dan gurih. Merasa kurang pedas? Tambahkan saja sambal cabai segar yang selalu ada di setiap sajian sate ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *