Rawon, Kuliner dengan Cita Ras Khas asal Jawa Timur

Rawon

Indonesia memang negara yang kaya akan ragam budaya, karena mempunyai banyak propinsi. Bukan hanya budaya yang kental tetapi Indonesia juga kaya akan wisata kulinernya. Bahkan dari sekian banyaknya kulinr di Indonesia ada beberapa yang pernah dinobatkan sebagai makanan paling enak didunia. Sebut saja contohnya Rendang yang dinobat sebagai makanan paling enak versi CNN tahun 2011. nah, di Tahun 2020 Rawon dinobatkan menjadi sup terenak se-Asia di tahun 2020 versi TasteAtlas. Survei ini didapatkan dari penilaian kritikus restoran profesional. Hal ini membuktikan bahwa makanan khas Indonesia kembali menyita perhatian karena rasanya yang lezat. Ini dikarenakan makanan khas Indonesia diolah dengan beragam bumbu dan rempah.

Lantas, apa itu Rawon ? Rawon adalah makanan tradisional dari Jawa Timur berupa sup daging dengan kuah yang berwarna hitam pekat. Warna hitam dari kuah Rawon ini berasal dari kluwak dan dimasak dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang khas sehingga sangat menggugah selera bagi siapapun yang memakanya. Rawon ini merupakan salah satu makanan tradisional yang terkenal dan menjadi salah satu icon kuliner di Jawa Timur.

Proses pembuatan Rawon sendiri menggunakan Daging sapi. Daging tersebut pertama direbus dan dipotong kecil – kecil. Untuk bumbu yang dihaluskan diantaranya seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, kluwak, kunir dan lain sebagainya. Untuk penyedap rasa ditambahkan serai, daun jeruk dan lengkuas. Bumbu tersebut kemudian di tumis hingga harum. Kemudian setelah harum, bumbu tersebut dicampurkan dan dimasak bersama dengan kaldu dan potongan daging hingga matang.

Rawon biasanya disajikan bersama nasi hangat dan dilengkapi dengan tauge kecil yang sudah direbus terlebih dahulu. Untuk penambah rasa kita bisa menambahkan seperti daun bawang, sambal, dan jeruk nipis sesuai dengan selera kita. Rawon sangat cocok bila santap selagi hangat bersama menu lain seperti kerupuk udang, telur asin, dan dagingsapi goreng atau empal. Rawon ini memiliki cita rasa yang sangat khas dengan aroma dan rasa yang tentunya sangat menggugah selera. Selain dagingnya yang empuk, perpaduan rasa manis, gurih dan legit pada kuahnya yang hitam memiliki rasa yang pas dengan lidah kita. Selain itu, yang menjadi keistimewaan dari Rawon ini adalah rasa yang dihasilkan dari kluwak memberikan aroma kuat dan sensasi rasa yang khas pada makanan tradisional yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *