Mengenal Soto Lamongan, Hidangan Tradisional dari Jawa Timur

Soto Lamongan

Soto adalah makanan tradisional dari Indonesia yang sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat Indonesia. Soto sendiri sudah tersebar di banyak daerah di wilayah Indonesia dengan ciri khas dari masing-masing daerah. diantara sekian banyaknya soto yang telah ada. Terdapat satu jenis soto yang mempunyai cita rasa yang unik yang berasal dari Jawa Timur, yaitu Soto Lamongan.

Soto Lamongan merupakan sajian makanan soto ayam yang khas dari Lamongan,Jawa Timur. Soto yang satu ini sangat unik dan berbeda dengan soto lainnya di Indonesia, baik dari segi penyajian maupun rasanya. Soto Lamongan merupakan salah satu makanan tradisional dari Lamongan yang sangat terkenal kelezatannya. Tidak hanya di daerahnya sendiri, namun juga merupakan masakan yang sudah sangat terkenal di indonesia.

Soto Lamongan ini sedikit berbeda dengan soto lainnya. Salah satu ciri khas dari Soto Lamongan ini terletak pada serbuk krupuk udangnya yang sering disebut Poya. Apabila serbuk Poya tersebut di campurkan dengan kuahnya maka akan menghasilkan rasa gurih yang khas pada Soto Lamongan ini. selain rasanya nikmat, aroma Soto Lamongan ini juga sangat menggugah selera. Proses pembuatan Soto Lamongan ini hampir sama dengan sotopada umumnya. Namun daging ayam yang digunakan adalah daging ayam kampung pilihan, sehingga menghasilkan rasa ayam yang gurih dan empuk. Untuk kuah dari Soto Lamongan ini dibuat dari bumbu khusus dengan aneka rempah yang membuat rasakuahnya sangat kuat. Selain itu kuahnya juga menggunakan kaldu ayam asli sebagai penyedap rasa.

Dalam penyajiannya, Soto Lamongan ini disajikan dengan nasi dan bahan tambahan lainnya seperti daging ayam suwir, irisan kol, tomat, daun bawang, bihun dan irisan telur ayam dalam satu mangkuk. Kemudian di siram dengan kuah soto dan ditamburkan Poya dan bawang goreng. Selain itu ada juga yang menambahkan seperti ceker ayam, kulit ayam, sayap ayam dan kentang goreng sebagai bahan pelengkap. Untuk penambah rasa Soto Lamongan ini bisa di tambahkan seperti sambal, jeruk nipis dan kecap.

Soto Lamongan sendiri memiliki cita rasa yang gurih dan kuah yang bening dengan rasa ayam yang sangat kuat sehingga menjadi keistimewaan tersendiri pada Soto Lamongan ini. Tidak lupa juga campuran serbuk Poya yang menjadikan Soto Lamongan ini semakin terasa gurihnya. Selain itu ditambah dengan isi soto seperti daging ayam suwir, daun bawang, telur dan bahan lainnya membuat Soto Lamongan ini sangat kaya akan rasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *