Mengenal Otak-Otak, Kuliner Favorit Masyarat Indonesia

Otak otak

Berkumpul bersama keluarga dalam perayaan hari raya idul fitri rasanya kurang lengkap tanpa makanan khas, seperti ketupat, opor, rendang untuk menjadi hidangan wajib saat lebaran. Selain hidangan tersebut ada pula Hidangan khas Melayu untuk menemani keluarga saat bersilahturami di hari yang fitri, yaitu Otak-Otak. Otak-otak merupakan salah satu makanan khas warga Melayu didaerah pesisir. Berasal dari olahan ikan dan perpaduan berbagai rempah penyedap. Pada umumnya masyarakat Kepulauan Riau, tahu betul kuliner yang satu ini, makanan ringan yang kaya gizi karena bersumber dari daging ikan Tenggiri.

Biasanya otak-otak dibungkus dengan daun kelapa yang kemudian dibakar menggunakan diatas bara arang. Makanan khas melayuu ini sangat populer dikalangan masyarakat sekaligus menjadi salah satu ciri khas makanan di Kepulauan Riau. Salah satu pusat destinasi kuliner otak-otak di Kabupaten Bintan adalah di Kelurahan Sei Nam, Kecamatan Bintan Timur. Otak-otak Sei Nam terkenal karena kelezatannya yang luar biasa, sehingga tidak didapaat di pungkiri jika menjadi incaran wisatawan penikmat kuliner.

Seperti salah satu pemilik toko yang menjual otak-otak, Ros. Dia mengaku dapat menjual ribuan otak-otak per harinya. Peminat otak-otak meningkat kala akhir pekan dan hari libur nasional. Pada umunya jika hari lebaran, biasanya Ros membuat lebih banyak dari biasanya karena ramai peminatnya, toko dibuka dari jam 09.00 Wib – 19.00 Wib. selain itu ros juga menerima pemesanan, berapapun dipesan akan dibuatkan. Otak-otak dikemas dengan berbagai macam rasa, antara lain, otak-otak sotong, otak-otak tulang, otak-otak isi. Bahkan pembeli ramai dan rela mengantre untuk mencicipi kelezatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *