Sering dikira dari Ambon, berikut 5 Fakta Menarik Bika Ambon Asli Medan

Bika Ambon

Ketika mendengar nama bika ambon, banyak yang mengira kalau makanan yang tergolong dalam jenis kue ini berasal dari Ambon, Maluku. Padahal, bika ambon adalah kuliner nusantara yang terkenal yang merupakan makanan khas dari Medan, Sumatera Utara. Bika ambon adalah salah satu makanan khas jenis kue basah. Kue satu ini memiliki ciri khas dengan warnanya yang kuning dan memiliki rongga-rongga di bagian dalamnya. Selain itu, kue bika ambon juga memiliki citarasa dan aroma yang khas sehingga membuat siapapun ketagihan untuk menyantapnya. Di Kota Medan sendiri, kue bika ambon ini sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu ikon kuliner kebanggaan masyarakat di sana yang banyak diburu oleh pecinta kuliner dan wisatawan yang berkunjung ke sana.

kue Bika Ambon ini awalnya terinspirasi dari kue khas Melayu yaitu bika atau yang disebut juga dengan bingka. Kue tersebut kemudian dimodifikasi dengan menambahkan bahan pengembang berupa Nira atau Tuak Enau. Sehingga bagian dalamnya menjadi berongga dan memiliki rasa yang berbeda dengan kue bika khas Melayu tersebut. Kemudian, kue ini mulai disebut dengan kue Bika Ambon karena pertama kali dijual didaerah simpang Jl. Ambon – Sei Kera, Medan. Karena banyaknya peminat, kue ini kemudian mulai populer dan sering disebut dengan kue Bika Ambon, sesuai dengan nama jalan tersebut. Asal usul dan namadari Bika Ambon ini hingga kini masih menjadi kontroversi. Namun meskipun begitu, kue Bika Ambon tetap menjadi salah satu hidangan istimewa dari masyarakat Medan.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Bika Ambon sendiri, diantaranya adalah tepung, telur, nira, gula, dan santan. Sedangkan untuk bahan penyedap bisa menggunakan daun pandan, daun jeruk, atau vanilli. Dalam proses pembuatannya, pertama, rebus santan bersama dengan daun jeruk dandaun pandan. Setelah santan tersebut didinginkan, kemudian masukan satu persatu bahan seperti telur, tepung, gula, dan nira. Bahan tersebut diaduk hingga merata, kemudian didiamkan selama beberapa jam sampai mengendap. Setelah itu kemudian adonan tersebut dimasukan ke dalam oven dengan api sedang, dan tunggu hingga kue tersebut matang.

Kue Bika Ambon ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Rasanya yang legit berpadu dengan teksturnya yang kenyal tentu menimbulkan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya. Selain itu aromanya yang kuat juga sangat menggugah selera. Saat sekarang ini Bika Ambon pun telah memiliki banyak variasi rasa yang bisa ditawarkan, mulai dari rasa pandan, coklat, keju, danlain-lain. Walaupun tanpa menggunakan bahan pengawet, kue Bika Ambon ini juga mampu bertahan sampai 3-4 hari. Sehingga sangat cocok juga untuk dijadikan oleh-oleh saat kita berkunjung ke Kota Medan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *