Wajib dicicip, kuliner Khas Aceh, Mie Aceh

Mie Aceh

Indonesia memang negeri yang kaya akan keanekaragamannya. Terdiri dari ribuan pulau dan banyak propinsi menjadikan indonesia kaya akan sumber daya alam, tradisi dan budaya, serta tentunya cita rasa yang beragama dari berbagai daerah. Salah satu daerah di Indonesia yang yang mmemiliki kuliner lezat adalah Aceh, yang cukup terkenal dengan kulinernya mie aceh.

Mie Aceh adalah masakan mie pedas dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut seperti udang dan cumi. Pada dasarnya Mie Aceh biasa di sajikan dalan sup kari yang gurih dan pedas. Nama Mie Aceh sendiri diambil dari daerah asalnya yaitu Aceh, karena cita rasanya yang khas berbeda dengan masakan mie yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Dalam proses pembuatannya, Mie Aceh menggunakan mie yang khas dengan bentuk yang tebal dan pipih. Tidak seperti mie yang lainnya, warna Mie Aceh cenderung berwarna kuning cerah, sehingga menambah keindahan pada hidangan tersebut. Bumbu yang di gunakan adalah bumbu sejenis kari yang merupakan bumbu khas yang memberikan cita rasa khas pula dalam hidangan kuliner yang satu ini.

Dalam penyajiannya, Mie Aceh di hidangkan dalam tiga macam yaitu mie goreng, mie kuah dan mie goreng basah. Untuk daging yang di gunakan bisa di sesuaikan dengan selera kita, karena tidak akan mengurangi cita rasa dan kelezatan mie tersebut. Menu pelengkap dalam penyajian Mie Aceh biasanya bisa ditambahkan bawang goreng, kerupuk, mentimun, serta jeruk nipis. Yang menjadi keunikan dalam masakan ini adalah bahan tambahan yang digunakan yaitu daging sapi, daging kambing atau aneka hidangan laut. Pada umumnya masakan mie yang ada Indonesia banyak menggunakan daging ayam sebagai bahan tambahan dalam penyajian mie nya. Selain itu kuah yang digunakan adalah kuah sejenis kari yang kental dan gurih. Pada umumnya masakan mie di Indonesia cenderung menggunakan kuah yang bening dan lembut. Keunikan tersebut memberikan cita rasa yang khas yang ada di di dalamnya.

Dalam proses perkembangannya, Mie Aceh telah menjadi salah satu kuliner yang sangat populer di Indonesia khususnya di daerah Aceh. Sehingga masakan satu ini dapat kita temukan di warung – warung pinggir jalan yang ada di Aceh. Kuliner satu ini sangat di rekomendasikan apa bila anda berkunjung ke Aceh. Banyak yang mengatakan, kurang lengkap rasanya bila berkunjung ke Aceh tanpa mencicipi masakan khas Aceh yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *