Berkunjung ke kota padang jangan lupa cobain Nasi Padangnya

Nasi Padang

kuliner Nusantara yang satu ini jelas telah dikenal luas oleh masyarakat seluruh Indonesia. Bahkan sudah dikenal secara International loh. Nasi Padang memang selalu menjadi menu andalan di warung-warung bahkan di restoran-restoran di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Nasi Padang merupakan nasi putih dengan tambahan lauk pauk khas Tanah Air. Tempat asal kuliner legendaris ini dari suku Minangkabau di provinsi Sumatera Barat. Kuliner ini dikategorikan makanan berat yang kaya akan bumbu pedas dan santan.

Kuliner bercita rasa pedas ini bisa dinikmati dengan sajian secara lengkap seperti prasmananan dengan berbagai lauk pauk seperti daging, ikan, sayuran dengan bumbu pedas dan dimakan dengan nasi putih yang masih hangat. Bisa dibayangkan, bagaimana kelezatannya ketika menyantap hidangan ini. Rumah makan atau restoran Padang biasanya memiliki bangunan khas berupa atap rumah gadang yang berbentuk lonjong dan melengkung. Penyajiannya juga unik, pilihan lauk pauk ditumpuk di atas piring-piring saji.

Nasi Padang sudah tersebar di seluruh Indonesia baik di Sumatera sendiri maupun di daerah lain seperti Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Kalimantan. Kepopulerannya bahkan sudah sampai ke luar negeri. Di negara-negara seperti Singapura, Malaysia, Australia sampai negara-negara di Eropa banyak yang menjajakan kuliner khas Padang. Kebanyakan para pemiliknya adalah WNI yang bermigrasi ke luar negeri. Selain mencari nafkah, mereka berjasa memperkenalkan kelezatan kuliner Sumatra Barat itu ke mancanegara.

Salah satu menu andalan di nasi Padang adalah rendang. Reputasi rendang juga sudah mendunia. Rendang pernah dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia tahun 2011 versi CNN Go. Rendang merupakan olahan yang berbahan dasar daging sapi dengan bumbu yang kaya akan rempah-rempah dan memiliki rasa yang khas. Tak heran jika banyak yang menyukai makanan ini karena rasa yang dihasilkan sangat lezat. Bahkan seorang chef ternama dunia, Gordon Ramsey pernah mencoba masak rendang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *